Skip to main content

Temen Ambis + Pinter di Sekolah Gue

Di awal kelas dua belas ini gue sudah ancang-ancang akan memilih perguruan tinggi mana. Sudah juga buat plan nanti gue mau jadi apa setelah lulus kuliah. Tapi who knows? Mungkin saja Allah ngasih jalan lain yang lebih baik lagi.

Oke, sebenarnya yang barusan tuh cuma intro doang wkwkw, karena gue ga tau harus ng-intro yang gimana. Say hai atau apalah gitu, rasanya sudah bosan. Jadi gue mau cerita mengenai anak pinter di sekolah gue yang beritanya sudah tersebar sejak gue kelas sepuluh. Tapi emang dasar guenya aja yang kudet, baru cerita sekarang. 

Namanya tuh Suci (to the point aja dah), orangnya kecil mungil dan lucu. Seukuran anak SD lah, kurang dari 150 cm, tapi otaknya encer bet anjay. Gue tau dia karena temen kelas gue itu temenan sama dia. Mereka berdua setiap istirahat ketemuan di kantin kaya orang pacaran-_- Oh ya btw Suci itu dari anak IPA 1 dan gue dari IPA 3. Awal kelas sepuluh gue gak terlalu dekat dengan banyak orang, tapi memang gue sering liat temen gue (read: cewe) sering ketemuan sama si Suci di sudut kantin. Pernah sekali gue deketin mereka berdua dan tau ga mereka bicarain apa? Coba tebak? Pasti lu ngira mereka debat milih antara jawabannya A atau D, atau sekedar bicarain berapa nilai gravitasi bumi. Nggak anjay! Lu salah besar. Emang sih gue pertama ngiranya gitu, tapi setelah gue denger, mereka ngomongin BTS, betapa gantengnya Kim So Hyun, ataupun Super Junior yang membernya lagi wajib militer. Dan itu ga penting bet anjay. -_-

Setelah gue tanya-tanya sama temen gue itu, ternyata dia punya cerita menarik saat mau masuk SMA. Jadi waktu masa-masa pencarian SMA, gue ikutan tes masuk Titian Teras. Sekolah yang menurut gue udah sangat bagus dan fasilitasnya lengkap, gue belajar ga keras-keras amat sih buat bisa lulus di tes akademiknya. Nah Suci juga ikutan tes, tes akademik waktu itu dan nilai dia paling tinggi di antara banyaknya pendaftar yang ingin masuk ke Titian Teras. Ajegile. Saat temen gue cerita begitu, gue langsung kaget:

"Dia dapat nilai paling tinggi?!"

"Iya"

"Lah terus gimana?"

"Yah dia tinggalin tes tahap selanjutnya. Dia bilang cuma mau ngetes kemampuannya doang"

Sekolah yang gue pengin-penginin dari SD, sayang di tes akademik gue ga lulus karena gue emang rada bego wkwkwk tapi disisi lain, si otak encer itu lulus, ninggalin tes tahap selanjutnya dan bilang cuma ngetes kemampuan doang. Terus gue ini apa?!!

Okey, selama kelas 10-11 gue ga pernah ngomong sama Suci walaupun gue sering ketemu, dan cerita barusan itu ga terlalu gue ambil pusing karena gue belum punya bukti konkrit mengenai seberapa pinternya dia (cieelah) wkwkw, sampailah awal kelas dua belas ini, gue memberanikan diri bicara sama dia mengenai Les Bimbel.

Jadi tuh gue ambil Les SBMPTN di Nurul Fikri, dan kebetulan pas gue liat list nama-nama temen kelas gue ternyata ada si Suci, lantas pas gue ketemu dia di kantin, gue beranikan diri negur dan bicara mengenai Bimbelnya. Itulah pertama kali gue bicara sama dia.

Singkat cerita, gue les di hari pertama dan sudah janjian dengan Suci juga. Setelah dia datang, dia duduk di sebelah gue. Sangking penasarannya gue mengenai cerita temen gue yang mengatakan bahwa Suci itu pinter banget, selama pelajaran dimulai pun gue ngeliat gerak-gerik si Suci. 

Setiap gurunya ngasih pertanyaan mana jawaban yang bener di soal, dia langsung jawab, dan jawabannya itu ga salah, tapi bener semua. Ngerjain soal fisika juga cepet banget dia. Gue masih ngitung (dengan lemotnya) dia udah selesai deluan. Juga sesekali gue nanya kalo gue ada yang ga ngerti tentang penjelasan gurunya.

"Itu bedanya rumus mol pada saat STP sama RTP apa ya?"

"Ohh, kalo STP itu suhunya 0 derajat, sama tekanannya 1 atm, kalo RTP itu blablabla.."

Gue pun manggut-manggut ngerti, rasanya bego sekali wkwk. Terus gue teringat sewaktu kelas sebelas, gue ikutan Olim astronomi dan ga sengaja liat dia di Lab Kimia, dia ikutan Olimpiade Kimia. Lantas gue tanya, 

"Oh ya, gimana Olimpiade Kimianya? Lu lulus tingkat kota kan?"

"Iya lulus"

"Terus ke nasional ga?"

"Nggak"

"Kenapa?"

Biar gue kasih tau langsung aja dah, kayanya kalo buat dialog panjang-panjang gitu agak garing wkwkw.

Oke jadi tuh gaes, Suci ga lulus Provinsi (Alias tiket buat ke nasional) karena nilai dia itu paling tinggi nomor tiga di Provinsi, dan yang ke nasional itu di ambil cuma satu orang doang. Gila! Gue di depan dia itu fix kaya orang bego. Tertinggi nomor tiga di provinsi! Gue takjub waktu itu!

Setelah denger jawaban dia, penasaran gue makin meningkat. Akhinya gue tanya lagi mengenai seseran kampus selevelan dia ini maunya dimana.

"Lulus SMA mau ngambil apa?"

Tau? Dengan PD nya dia jawab

"Teknik Kimia ITB" 

Kalo bisa pingsan, pingsan dah gue disitu. Gue ga kuat lagi! Fix gue percaya kalo dia ini emang beneran pinter!

Setelah cerita panjang lebar selama belajar, dia pun bilang mau pindah hari les. Gue langsung bilang, kalo lu pindah hari, ajak gue ya, hari apa ajadah asal sekelas dengan lu. Gue ngerasa nyaman berteman sama orang yang tipe-tipe kaya dia, ga banyak omong, ditanya langsung ngena ke jawaban dan itu gatau kenap ngerasa cocok aja ehhee

Dari situ gue tau kalo sabda Rasulullah mengenai minyak wangi itu bener banget. Gue pengin sama sama si Suci biar rajin dan pinternya dia paling tidak ketular dengan gue. Rasanya baru ketemu temen ambis yang super.

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)


Comments

Popular posts from this blog

Lobang Kakus Sekolah

Postingan ini terinspirasi dari cerita pendek karangan Eka Kurniawan yang judulnya Corat-coret di Toilet. Salah satu cerpen favorit gue untuk abad ke-duapuluhsatu ini. Cerpen itu menceritakan tentang  toilet di sebuah kampus dengan segala coretan-coretan ala-ala anak revolusi gitu. Hingga gue tersadar pengin juga nulis dengan objek toilet sekolah gue -_- lol. Bagi yang belum baca cerpennya, buruan dah beli, karena bukunya dijamin keren! Oke, mari kita mulai. Toilet , Kakus, Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet ) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses . Kalo disekolah gue dibagi jadi dua; toilet cowo dan toilet cewe. Jika keduanya tak dipisah, akan banyak terjadi kenyelenehan yang hakiki, wkwkwk. Sht, forget it! Baiklah, setelah tau apa itu toilet, selanjutnya gue bakal ceritain toilet cewe di sekolah gue. Untuk toilet cowo gue skip aja dah, ga kuat gue kalo mau ceritainnya, dan juga gue ga tau tuh

Lanjut S2 kan, nak?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri karena sudah mau berjuang sampai di titik ini. Untuk melanjutkan studi S2 itu bukanlah keputusan yang bisa saya ambil dengan mudah. Banyak sekali pertimbangan dari berbagai pihak, terutama orang tua dan pembimbing skripsi saya, Bunda (semoga beliau tetap sehat walafiat) Cerita mengerikan ini berawal dari percakapan saya dan mama saat saya masih sibuk-sibuknya KKN di kota Padang. Beliau berniat ingin menguliahkan saya sampai saya tamat S2. Terlebih papa juga sangat mendukung keinginan mama. Well, saat itu saya masih semester 6 dan belum terpikir sampai ke sana karna yang saya pikirkan saat itu adalah   "Bagaimana caranya saya lulus S1 sedangkan pembimbing saja belum dapat". Saya katakan ke orangtua kalau saya tidak ingin melanjutkan S2 penginnya kerja saja. Tapi terlihat dari ujung telepon sana raut wajah mereka agak sedikit kecewa mendengar jawaban saya yang spontan itu. Lantas saya balik katakan  "Indah tamatkan dulu