Skip to main content

Lobang Kakus Sekolah

Postingan ini terinspirasi dari cerita pendek karangan Eka Kurniawan yang judulnya Corat-coret di Toilet. Salah satu cerpen favorit gue untuk abad ke-duapuluhsatu ini. Cerpen itu menceritakan tentang  toilet di sebuah kampus dengan segala coretan-coretan ala-ala anak revolusi gitu. Hingga gue tersadar pengin juga nulis dengan objek toilet sekolah gue -_- lol. Bagi yang belum baca cerpennya, buruan dah beli, karena bukunya dijamin keren!

Oke, mari kita mulai.

Toilet, Kakus, Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses. Kalo disekolah gue dibagi jadi dua; toilet cowo dan toilet cewe. Jika keduanya tak dipisah, akan banyak terjadi kenyelenehan yang hakiki, wkwkwk. Sht, forget it!

Baiklah, setelah tau apa itu toilet, selanjutnya gue bakal ceritain toilet cewe di sekolah gue. Untuk toilet cowo gue skip aja dah, ga kuat gue kalo mau ceritainnya, dan juga gue ga tau tuh dalemnya kaya gimana. Tapi kalo masalah bau ya jangan ditanya, bahkan kalian sudah bisa temukan baunya dalam radius kira-kira 30 meter dari objek. Bravo gaes!

Toilet cewe di sekolah gue ada sebelas, yang berfungsi sebanyak tujuh toilet, satu toilet tak berlampu, tiga lagi masih otw perbaikan. Yang bener-bener bersih diantara tujuh toilet yang berfungsi menurut gue adalah empat toilet, tiga lagi entah kenapa gue ga srek karena pesing bet. 
Hmmmm, gaes (untuk yang satu sekolah sama gue), pernah ga sih lu mikir gimana ceritanya tujuh toilet lantas dipakai oleh kira-kira 500 siswi secara bergantian?  Baik, memang bener, ga semua siswi saat itu kebelet pipis, lol. Tapi berandai saja, yang pake toilet setengah dari jumlah siswi yang ada, kalo gue bayangin itu, gue pen muntah.

Sebelum adanya pikiran-pikiran rasional barusan, gue jadi teringat kebodohan tahun lalu, gue pernah beberapa kali menyumbangkan fases ke lobang kakus sekolah, a.k.a berak di sekolah tanpa sabun. Ceritanya bermula saat gue makan roti panggang bikinan mama dengan brutal, ditambah sisa makanan- makanan malem sebelumnya. Menumpuklah kotoran-kotoran tersebut dalem perut gue pagi itu, dan menyisakan rasa-rasa pengin boker. Alhasil pagi itu gue memutuskan berak di sekolah ditemani dengan temen gue. Jujur saat gue bilang ke temen minta temenin ke toilet dia ga tau kalo gue kebelet pengen berak. Kalo dia tau di awal ya pasti dia ga mau, secara gaes, siapa yang mau berdiri sendirian di luar toilet kaya orang bego.

Lanjut cerita, pagi itu setelah fases nyemplung ke lobang kakus, rasa lega pun menghampiri. Gue yang saat itu udah bego, malah tambah bego karena baru inget gue mau cebok pake apa. Dengan polosnya gue minta tolong ke temen gue yang berbaik hati mau nemenin gue itu untuk nyariin sabun ke kantin, kali aja mbok-mbok kantin bawa sabun. 

"Jaaahh, cariin gue sabun dong, ini gue ga tau mau cebok pake apa, nanti tangan gue bau njir!"

"Yakali lu ah berak ga tau tempat"

"Udah lu cerewet. Cariin ke kantin sono"

Akhirnya suara langkah kaki berlari menjauh terdengar dari dalem toilet. Setelah menunggu beberapa menit, temen gue kembali dan ngetok pintu toilet

"Noh sabunnya" sambil nyodorin sabun dalem botol plastik ke gue.

"Sukijah! Goblok lu emang. Temen macem apa lu tega bawa sabun cuci piring ke gue. Lu pengen gue keracunan terus ga bisa ngasilin keturunan?!"

"Udaaahh aahh sono pake aja. Ribet banget si elah tinggal pake doang"

"Dasar lu temen durhaka"

Gue balik nutup pintu dan terpaksa cebok tanpa sabun. Manis sekali.

Comments

  1. Di tunggu cerita berikutnya...

    ReplyDelete
  2. Yah, daripada dibuang di kakus, mending jual ke aku... Serius

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temen Ambis + Pinter di Sekolah Gue

Di awal kelas dua belas ini gue sudah ancang-ancang akan memilih perguruan tinggi mana. Sudah juga buat plan nanti gue mau jadi apa setelah lulus kuliah. Tapi who knows? Mungkin saja Allah ngasih jalan lain yang lebih baik lagi. Oke, sebenarnya yang barusan tuh cuma intro doang wkwkw, karena gue ga tau harus ng-intro yang gimana. Say hai atau apalah gitu, rasanya sudah bosan. Jadi gue mau cerita mengenai anak pinter di sekolah gue yang beritanya sudah tersebar sejak gue kelas sepuluh. Tapi emang dasar guenya aja yang kudet, baru cerita sekarang.  Namanya tuh Suci (to the point aja dah), orangnya kecil mungil dan lucu. Seukuran anak SD lah, kurang dari 150 cm, tapi otaknya encer bet anjay. Gue tau dia karena temen kelas gue itu temenan sama dia. Mereka berdua setiap istirahat ketemuan di kantin kaya orang pacaran-_- Oh ya btw Suci itu dari anak IPA 1 dan gue dari IPA 3. Awal kelas sepuluh gue gak terlalu dekat dengan banyak orang, tapi memang gue sering liat temen gue (read: cewe)

Lanjut S2 kan, nak?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri karena sudah mau berjuang sampai di titik ini. Untuk melanjutkan studi S2 itu bukanlah keputusan yang bisa saya ambil dengan mudah. Banyak sekali pertimbangan dari berbagai pihak, terutama orang tua dan pembimbing skripsi saya, Bunda (semoga beliau tetap sehat walafiat) Cerita mengerikan ini berawal dari percakapan saya dan mama saat saya masih sibuk-sibuknya KKN di kota Padang. Beliau berniat ingin menguliahkan saya sampai saya tamat S2. Terlebih papa juga sangat mendukung keinginan mama. Well, saat itu saya masih semester 6 dan belum terpikir sampai ke sana karna yang saya pikirkan saat itu adalah   "Bagaimana caranya saya lulus S1 sedangkan pembimbing saja belum dapat". Saya katakan ke orangtua kalau saya tidak ingin melanjutkan S2 penginnya kerja saja. Tapi terlihat dari ujung telepon sana raut wajah mereka agak sedikit kecewa mendengar jawaban saya yang spontan itu. Lantas saya balik katakan  "Indah tamatkan dulu