Skip to main content

Penggoda Jalanan

Kurang lebih sudah dua minggu gue libur kuliah dan sekarang tersisa satu minggu lagi. Kontribusi untuk diri gue selama dua minggu itu bisa dikatakan nihil. Padahal sebelum gue caw dari kos tercinta, gue sudah buat beberapa point-point yang harus gue kerjakan dilibur semester, contohnya kaya olahraga tiap pagi. Gue pengen banget kurusin badan. Tapi gue flashback selama dua minggu belakangan, gaada tuh gue realisasikan, yang ada malah badan gue tambah melar.

Cerita soal dua minggu belakangan, beberapa kali gue pernah digangguin om-om/abang-abang di jalan. Mereka dengan pedenya manggil gue dari belakang pas gue lagi bawa motor

"Suit suittt. Adek"

"dek. dek. oii dek. Minta nomer hpnya dong"

terus pas gue noleh, dia malah diam membisu. Itu sangat sangat mengganggu konsentrasi gue dalam mengemudi karena dia memecah kefokusan gue. Hal itu pun membuat gue resah dan gelisah. 

Beda lagi kalo gue dibonceng ama temen. Waktu itu lagi lampu merah, temen gue berhenti pas banget di sebelah kaca supir angkot. Perasaan gue sudah gak enak karena pasti digangguin paling bantet dipanggil.

"Adek"

kami berdua diem aja.

"Adek jilbab item"

kami tetep diam kan yak.

"Uhuuyy, adek"

"woi berisik!"

Seketika gue naik pitam.Gue bener-bener ga habis pikir, ada juga manusia model begitu. Keresahan gue pun semakin menjadi karena pengalaman gue di Padang tempat gue ngampus sekarang banyak yang gitu juga. Apalagi supir angkot yang suka tebar pesona dengan mahasiswi-mahasiswi di sana. Ditambah lagi ada oknum-oknum mahasiswi yang malah senyam-senyum pas digodain. 

Alkisah di suatu siang yang cerah, gue berdua sama temen pulang ngampus naik angkot yang gaada penumpangnya. Gue pun gak sengaja melihat dandanan supirnya yang kaya mau pergi ke mall- pake kemeja polos plus rambut disemir mengkilat. Gue cuek aja si karena mungkin beneran dia dari mall kan. Angkotpun mulai jalan dan melewati halte bus yang mana di sana lumayan banyak mahasiswi berdudukan (bukan bergelantungan) di sekitaran halte. Supir angkot yang gue prediksi sekitaran umur 24 atau bahkan lebih muda dari itupun berhenti lumayan lama. Gue liat gaada satupun yang naik sampai pada akhirnya, om supir itu liatin segerombolan cewe-cewe (keknya mereka se-geng gitu) lamaaaa banget. Si cewe-cewe ini malah senyam-senyum gak jelas dan disitu gue ilfill banget. 
Si supir angkot dengan gagahnya  menaikkan satu alis dan senyum mahasiswi (sepertinya masih maba karena pakai rok hitam dan baju putih) pun makin melebar. Kegenitan demi kegenitan mulai terjadi di halte itu. Gue pun selaku mahasiswi yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia mencoba menghentikan kegenitan yang semakin memanas karena di sini posisi gue sedang diburu waktu dan juga cucian kotor di kos. 

"Lamo lai(?)" 
*Masih lama(?)

Mendengar ucapan gue yang sebenarnya lebih menjurus kepada sindiran, om angkotpun bergegas meninggalkan mahasiswi yang masih senyam-senyum.

                                                                -:-


Banyak dari temen gue yang cerita kalo mereka akan tetap diam jika digodain di jalanan. Padahal kalau kita, khususnya kaum hawa bisa sedikit lebih berani melawan dengan cara-cara yang manusiawi, seperti contoh melemparkan banyak batu-batu yang berserakan ke pemuda-pemuda yang mencoba menggoda kita di jalan, pasti kegenitan dan godaan itu akan musnah.

Comments

Popular posts from this blog

Temen Ambis + Pinter di Sekolah Gue

Di awal kelas dua belas ini gue sudah ancang-ancang akan memilih perguruan tinggi mana. Sudah juga buat plan nanti gue mau jadi apa setelah lulus kuliah. Tapi who knows? Mungkin saja Allah ngasih jalan lain yang lebih baik lagi. Oke, sebenarnya yang barusan tuh cuma intro doang wkwkw, karena gue ga tau harus ng-intro yang gimana. Say hai atau apalah gitu, rasanya sudah bosan. Jadi gue mau cerita mengenai anak pinter di sekolah gue yang beritanya sudah tersebar sejak gue kelas sepuluh. Tapi emang dasar guenya aja yang kudet, baru cerita sekarang.  Namanya tuh Suci (to the point aja dah), orangnya kecil mungil dan lucu. Seukuran anak SD lah, kurang dari 150 cm, tapi otaknya encer bet anjay. Gue tau dia karena temen kelas gue itu temenan sama dia. Mereka berdua setiap istirahat ketemuan di kantin kaya orang pacaran-_- Oh ya btw Suci itu dari anak IPA 1 dan gue dari IPA 3. Awal kelas sepuluh gue gak terlalu dekat dengan banyak orang, tapi memang gue sering liat temen gue (read: cewe)

Lobang Kakus Sekolah

Postingan ini terinspirasi dari cerita pendek karangan Eka Kurniawan yang judulnya Corat-coret di Toilet. Salah satu cerpen favorit gue untuk abad ke-duapuluhsatu ini. Cerpen itu menceritakan tentang  toilet di sebuah kampus dengan segala coretan-coretan ala-ala anak revolusi gitu. Hingga gue tersadar pengin juga nulis dengan objek toilet sekolah gue -_- lol. Bagi yang belum baca cerpennya, buruan dah beli, karena bukunya dijamin keren! Oke, mari kita mulai. Toilet , Kakus, Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet ) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses . Kalo disekolah gue dibagi jadi dua; toilet cowo dan toilet cewe. Jika keduanya tak dipisah, akan banyak terjadi kenyelenehan yang hakiki, wkwkwk. Sht, forget it! Baiklah, setelah tau apa itu toilet, selanjutnya gue bakal ceritain toilet cewe di sekolah gue. Untuk toilet cowo gue skip aja dah, ga kuat gue kalo mau ceritainnya, dan juga gue ga tau tuh

Lanjut S2 kan, nak?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri karena sudah mau berjuang sampai di titik ini. Untuk melanjutkan studi S2 itu bukanlah keputusan yang bisa saya ambil dengan mudah. Banyak sekali pertimbangan dari berbagai pihak, terutama orang tua dan pembimbing skripsi saya, Bunda (semoga beliau tetap sehat walafiat) Cerita mengerikan ini berawal dari percakapan saya dan mama saat saya masih sibuk-sibuknya KKN di kota Padang. Beliau berniat ingin menguliahkan saya sampai saya tamat S2. Terlebih papa juga sangat mendukung keinginan mama. Well, saat itu saya masih semester 6 dan belum terpikir sampai ke sana karna yang saya pikirkan saat itu adalah   "Bagaimana caranya saya lulus S1 sedangkan pembimbing saja belum dapat". Saya katakan ke orangtua kalau saya tidak ingin melanjutkan S2 penginnya kerja saja. Tapi terlihat dari ujung telepon sana raut wajah mereka agak sedikit kecewa mendengar jawaban saya yang spontan itu. Lantas saya balik katakan  "Indah tamatkan dulu