Skip to main content

Pengalaman Beli Buku Eka Kurniawan - Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas



Hai guys, apa kabarnya? Yang muslim puasa gak? Moga puasa ya

Kali ini gue mau curhat lagi. Ini mengenai Buku. Iya, bukunya Pak Eka Kurniawan – Seperti Dendam, Rindu Harus di Bayar Tuntas. Yuk!

Kejadian ini sebenarnya udah lama, tapi gue inisiatif aja ceritai ke kalian karena ini peristiwa yang gila buat gue. Tapi jujur biasa aja sih.

Jadi begini ceritanya...

Pagi itu pagi yang cerah untuk gue tidur lagi dan bangunnya kalo bisa sore nanti, hahaha. Tapi gue urungin niatnya. Gue langsung bergegas ke kamar mandi buat konser. Setelah selesai, gue balik ke kamar dan melihat ada catatan di atas meja gue, yang malam itu gue tulis biar gak lupa. 

Buku Eka Kurniawan – Seperti Dendam, Rindu Harus di Bayar Tuntas di Gramedia

Iya, tepatnya malam itu jam 7 pm gue iseng-iseng buka profil Instagramnya penulis Favorite gue “Bernard Batubara”. Dia memposting foto novel yang judulnya “Eka Kurniawan – Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” gue langsung catat dah judul bukunya, biar dijadiin referensi bacaan yang menarik. Karena gue tau, apapun yang di baca ama penulis favorite gue, gue harus baca juga!
 
Setelah gue catet, gue berkeinginan untuk membeli bukunya juga karena yang nerbitin Gramedia, jadi gak susah-susah amat nyari tuh buku karena Gramedia pasti udah nerbitin di cabang Jambi. Malam itu gue buat rencana besok pagi. Gue udah harus caw ke Gramedia buat beli bukunya.

Jujur, gue gak tau alur cerita macam apa yang diceritakan Eka Kurniawan dalam buku terbarunya itu.  Karena gue gak perlu tau dan gak perlu cemas bukunya bagus atau nggak, yang jelas, apapun yang dibaca sama penulis Favorite gue pasti bukunya bagus-bagus. Gue gak tau kenapa ampe berfikiran kaya gitu.

Gue pun langsung bersiap-siap untuk pergi ke Gramedia dengan motor matic gue yang udah dua tahun ini nemenin kemana-mana. Dengan uang yang pas-pas’an akhirnya sampai juga gue di Gramedia. Gue langsung menuju ke arah bagian ‘Novel’ best seller, dan tanpa celingak celinguk kesana-kemari, buku itu langsung ketemu! Gue sempet teriak agak kencang di sana, tapi gue urung karena gue inget-inget bener atau nggak nih buku yang dimaksud. Ya, ini buku yang di baca bang Bara. Dalam hati gue ngomong ndiri. 

Tanpa pikir panjang, buku Eka Kurniawan yang terbaru gue ambil satu dan langsung menuju kasir dengan senyum kemerdekaan karena buku yang dibaca Bang Bara udah ketemu. Di kasir gue ngantri bentar dan tibalah giliran gue. Gue taro bukunya, dan Mbak-mbaknya ng-scan buku sambil liatin gue lamaaaa banget. Gue langsung salting lah ya. Gak biasa di liatin ampe sebegitunya. Terus gue kasih dah tampang serius ala Adolf Hittler, tapi sayang kumis gue gak setengah, malahan gak ada.  Mbaknya manggut-manggut mengerti. Gue pun bayar dan langsung pergi secepat mobil BMW kalo lagi macet.

Sesampainya di rumah kesayangan, gue buka deh plastik bukunya dan tiba-tiba... gue liat di ujung bawah balik buku ada tempelan yang tulisannya “21+”
JLEB! Perasaan gue gak enak sewaktu liat tulisan angka dua satu sama tanda tambah itu. Pikiran gue ke arah negativ semua. Mungkinkah? Mungkinkah? Mungkinkah mbak-mbak kasir tadi liatin gue lama banget karena ini? Tulisan 21+? Untung nya aja, gue gak ditegur ama embak-embaknya karena buku ini untuk 21 tahun ke atas. 

Kalian tau kan ya, jaman udah canggih. Model baju tambah banyak. Ampe orang tua aja susah banget bedain mana anak SMP, mana anak SMA dan Kuliah. Karena itu, cara berpakaian mereka yang udah melebihi batas umur. Dan karena perkembangan zaman lah gue selamat dari teguran mbak-mbak kasir yang aneh itu. Karena pasti dia ngira gue seumuran anak-anak kuliah yang aslinya gue masih bocah umur 15 tahun. Miris.

Oke! Halaman pertama pun gue buka. Dan isinya begini...

                                                                        I
“Hanya orang yang nggak bisa ngaceng, bisa berkelahi tanpa takut mati,” kata Iwan Angsa sekali waktu perihal Ajo Kawir. Ia satu dari beberapa orang yang mengetahui kemaluan Ajo Kawir tak bisa berdiri. Ia pernah melihat kemaluan itu, seperti anak burung baru menetas, meringkuk kelaparan dan kedinginan. Kadang-kadang bisa memanjang, terutama di pagi hari ketika pemiliknya terbangun dari tidur, penuh dengan air kencing, tapi tetap tak bisa berdiri. Tak bisa mengeras.
                                                           ------------------------

Oh god. Pikir gue sewaktu baca halaman pertama dan celingak-celinguk ke sana kemari kali aja ada nyokap gue di belakang atau disamping yang ikut baca di halaman pertama buku itu.
Gue langsung istighfar sebanyak-banyaknya sewaktu baca paragraf pertama. Ini sumpeh. Gue ngira buku ini tentang cinta-cintaan gitu, nyatanya? Pantes aja ada tulisan 21+ -_-

Gue pun berhenti istighfar dan meyakinkan diri kalau hal-hal negativ semacam itu hanya ada di bab-bab pertama saja. gue ikutin alur ceritanya ampeeeee tamat dah!

Ternyata dugaan gue salah. Buku itu terus bercerita mengenai masa lalu kemaluan Ajo Kawir yang gak bisa berdiri karena pada suatu malam dia melihat seorang perempuan yang di perkosa sama dua orang polisi. Setiap halaman demi halaman di akhiri dengan ucapan ‘Astaghfirullah’. Aahh pokoknya gila deh tuh buku. Untuk gue bocah ingusan begini cuma bisa baca aja tanpa tau dan mengerti maksudnya apa.

Dan setelah tamat, gue istighfar lagi. Sebanyak-banyaknya kata. Gak berhenti-henti gue ucap “Astaghfirullah” ampe mulut gue kering terus minum dan ngucap lagi.
Gue sadar, tuhan memberikan hikmah disetiap peristiwa yang kita alami. Gue pun menangkap hikmah yang terkandung dari peristiwa yang gue alami kemarin. Yang faktanya, buku yang gue beli isinya vulgar semua. Dan dalam hati gue hanya bisa berucap “Alhamdulillah, rejeki”

Comments

Popular posts from this blog

Temen Ambis + Pinter di Sekolah Gue

Di awal kelas dua belas ini gue sudah ancang-ancang akan memilih perguruan tinggi mana. Sudah juga buat plan nanti gue mau jadi apa setelah lulus kuliah. Tapi who knows? Mungkin saja Allah ngasih jalan lain yang lebih baik lagi. Oke, sebenarnya yang barusan tuh cuma intro doang wkwkw, karena gue ga tau harus ng-intro yang gimana. Say hai atau apalah gitu, rasanya sudah bosan. Jadi gue mau cerita mengenai anak pinter di sekolah gue yang beritanya sudah tersebar sejak gue kelas sepuluh. Tapi emang dasar guenya aja yang kudet, baru cerita sekarang.  Namanya tuh Suci (to the point aja dah), orangnya kecil mungil dan lucu. Seukuran anak SD lah, kurang dari 150 cm, tapi otaknya encer bet anjay. Gue tau dia karena temen kelas gue itu temenan sama dia. Mereka berdua setiap istirahat ketemuan di kantin kaya orang pacaran-_- Oh ya btw Suci itu dari anak IPA 1 dan gue dari IPA 3. Awal kelas sepuluh gue gak terlalu dekat dengan banyak orang, tapi memang gue sering liat temen gue (read: cewe)

Lobang Kakus Sekolah

Postingan ini terinspirasi dari cerita pendek karangan Eka Kurniawan yang judulnya Corat-coret di Toilet. Salah satu cerpen favorit gue untuk abad ke-duapuluhsatu ini. Cerpen itu menceritakan tentang  toilet di sebuah kampus dengan segala coretan-coretan ala-ala anak revolusi gitu. Hingga gue tersadar pengin juga nulis dengan objek toilet sekolah gue -_- lol. Bagi yang belum baca cerpennya, buruan dah beli, karena bukunya dijamin keren! Oke, mari kita mulai. Toilet , Kakus, Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet ) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses . Kalo disekolah gue dibagi jadi dua; toilet cowo dan toilet cewe. Jika keduanya tak dipisah, akan banyak terjadi kenyelenehan yang hakiki, wkwkwk. Sht, forget it! Baiklah, setelah tau apa itu toilet, selanjutnya gue bakal ceritain toilet cewe di sekolah gue. Untuk toilet cowo gue skip aja dah, ga kuat gue kalo mau ceritainnya, dan juga gue ga tau tuh

Lanjut S2 kan, nak?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri karena sudah mau berjuang sampai di titik ini. Untuk melanjutkan studi S2 itu bukanlah keputusan yang bisa saya ambil dengan mudah. Banyak sekali pertimbangan dari berbagai pihak, terutama orang tua dan pembimbing skripsi saya, Bunda (semoga beliau tetap sehat walafiat) Cerita mengerikan ini berawal dari percakapan saya dan mama saat saya masih sibuk-sibuknya KKN di kota Padang. Beliau berniat ingin menguliahkan saya sampai saya tamat S2. Terlebih papa juga sangat mendukung keinginan mama. Well, saat itu saya masih semester 6 dan belum terpikir sampai ke sana karna yang saya pikirkan saat itu adalah   "Bagaimana caranya saya lulus S1 sedangkan pembimbing saja belum dapat". Saya katakan ke orangtua kalau saya tidak ingin melanjutkan S2 penginnya kerja saja. Tapi terlihat dari ujung telepon sana raut wajah mereka agak sedikit kecewa mendengar jawaban saya yang spontan itu. Lantas saya balik katakan  "Indah tamatkan dulu